Di Indonesia sendiri terdapat banyak PT yang bergerak di berbagai bidang. Kebanyakan PT ini sering kali membuka lowongan pekerjaan. Tentu saja hal ini menjadi kabar baik bagi para lulusan yang masih pengangguran. Beberapa PT membuka lamaran pekerjaan secara online yang bisa dilakukan kapan saja oleh calon pelamar. Namun apakah PT ini resmi atau tidak? Benarkah peluang kerja yang diberitahukan secara online ini penipuan atau tidak?

Salah satu cara terbaik untuk mengetahui kebenaran dari peluang kerja yang dibuka oleh PT adalah dengan mengeceknya apakah PT tersebut sudah terdaftar di Ditjen AHU atau belum. Lalu Bagaimana cara cek nama PT AHU online ini? Simak Selengkapnya.

1. Pastikan Anda Mengetahui Nama PT dengan Tepat

Tidak dapat dipungkiri bahwa dunia pendidikan saat ini telah mengalami kemajuan yang pesat. Bisa Anda lihat, peminat yang masuk ke berbagai perguruan tinggi di berbagai tempat semakin meningkat dari waktu ke waktu. Tentu saja, karena adanya tuntutan kemajuan jaman dan persaingan dunia kerja yang semakin ketat akan membuat Anda tertinggal jika tidak diimbangi dengan pendidikan yang tinggi.

Terkait dengan banyaknya kesempatan kerja di berbagai PT yang ada di Indonesia, sebaiknya Anda melakukan pengecekan terlebih dahulu apakah informasi tersebut benar atau tidak dan apakah PT ini resmi atau tidak.

Sebelum Anda mengeceknya secara online di AHU, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan memahami nama PT secara tepat dan benar. Pastikan Anda ingat nama PT yang mengundang Anda untuk mengikuti seleksi tes penerimaan tenaga kerja baru.

2. Buka AHU

Cara cek nama PT AHU online selanjutnya setelah mencatat nama PT yang terkait adalah dengan membuka situs AHU online. Anda bisa membukanya melalui ponsel Android atau laptop agar terlihat lebih jelas. Pastikan Anda memiliki data yang cukup dan berada di tempat yang mudah terakses ke jaringan internet.

Proses ini akan sedikit terhambat jika Anda bermasalah dengan kualitas jaringan atau berada di tempat yang jarang sinyalnya. Apalagi jika Anda menggunakan laptop untuk mengakses situs AHU ini, tentu saja akan semakin sulit dan lama.

3. Masukkan Nama PT

Setelah terhubung ke situs AHU online, silahkan Anda masukan nama PT yang mengundang Anda atau yang membuka lamaran kerja ini. Pastikan Anda memasukan nama PT ini dengan tepat dan benar. Jangan lupa centang captcha kemudian klik tombol cari.

cek nama pt ahu online.jpg
Cek nama PT via ahu online

4. Cek Nama PT

Setelah ketiga proses ini terpenuhi, cara cek nama PT AHU online yang terakhir adalah mengecek apakah nama PT yang membuka lowongan pekerjaan ini resmi atau tidak dan sudah terdaftar atau belum di AHU.

Jika nama PT yang membuka lowongan pekerjaan ini sudah terdaftar di AHU bararti informasi yang Anda terima memang benar adanya. Namun jika PT yang terkait belum ada di AHU dan tidak Anda temukan di AHU online ini berarti PT ini merupakan kasus penipuan yang harus Anda curigai.

Itulah informasi cara cek nama PT AHU online yang sangat penting untuk Anda tahu. Jangan sampai Anda termasuk korban penipuan dari PT palsu yang tidak terdaftar resmi di AHU. Sebaiknya Anda harus lebih berhati-hati lagi ya apabila mendapat informasi penerimaan lamaran kerja atau undangan wawancara secara online!

Pastikan dulu PT yang mengundang Anda sudah terdaftar di AHU dengan mengeceknya seperti cara cek nama PT AHU online yang telah dijelaskan di atas. Semoga bermanfaat.