Kecanggihan teknologi di jaman sekarang memberikan kemudahan bagi manusia dalam melakukan berbagai kegiatan, khususnya pada sektor perekonomian. Dimana manusia bisa menjalankan kegiatan ekonomi dengan sangat mudah dan cepat.

Bagi para pengusaha muda, perkembangan teknologi ini juga memberikan dampak yang begitu besar. Mereka bisa memanfaatkan berbagai fasilitas yang tersedia, seperti daftar PT online yang oleh Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum (Ditjen AHU). Adanya layanan online ini menjadikan para pengusaha lebih leluasa dalam pengurus proses pembuatan PT, sebab bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja.

Menariknya, layanan dari AHU ini tak hanya untuk pembuatan PT saja namun juga untuk berbagai sarana lain seperti pendirian yayasan, perkumpulan dan juga bisa digunakan untuk mencari data sebuah perusahaan.

cara daftar pt di AHU Online
Cara daftar pt di AHU Online

Rincian Cara Daftar PT AHU Online

Bagi Anda yang mungkin baru mengenal atau bahkan baru saja mendengar tentang fasilitas ini pastinya bertanya-tanya bagaimana cara daftar PT AHU online. Untuk bisa membuat PT secara online, ada 3 tahapan yang perlu Anda lalui, yaitu.

  • Pemesanan Nama Perusahaan

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk membuat PT secara online pada layanan yang disediakan AHU Online ialah dengan memesan nama. Langkah ini harus dilakukan untuk mengecek apakah nama yang Anda gunakan sudah memenuhi kriteria sesuai ketetapan oleh pihak Kementerian Hukum dan HAM (kemenkumham).

Dalam menentukan penamaan perusahaan, ada beberapa peraturan yang perlu diperhatikan, seperti yang tercantum dalam PP Nomor 43 Tahun 2011 terkait Tata Cara Pengajuan dan PEmakaian Nama Perseroan Terbatas. Berikut beberapa aturan yang tercantum di dalamnya.

  • Nama yang digunakan tidak mempunyai kesamaan dengan perusahaan lain. Jika terjadi kesamaan nama dengan perusahaan lain, system akan menolaknya secara otomatis.
  • Nama perusahaan harus menggunakan bahasa Indonesia serta terdiri dari 3 kata.
  • Nama yang dipilih tidak boleh bertentangan dengan kesusilaan yang berlaku di negara Indonesia.
  • Nama yang digunakan harus benar-benar mencerminkan jenis usaha yang sedang/hendak dijalankan.

Jika pun Anda merasa kesulitan dengan cara daftar PT AHU online yang pertama ini Anda bisa menggunakan jasa notaris. Saat proses pendaftaran nama Anda juga perlu melakukan pembayaran yang dapat dilakukan dengan menggunakan voucher, sedangkan jika pendaftaran dilakukan melalui jasa notaris maka pembayaran bisa menggunakan layanan debet rekening.

  • Pembuatan Akta Pendirian Perusahaan

Meskipun pada proses pemesanan nama Anda masih bisa melakukannya sendiri, namun tetap saja Anda akan menggunakan jasa notaris yaitu untuk pembuatan Akta Pendirian Perusahaan. Pembuatan Akta Pendirian Perusahaan ini pun harus dilakukan di notaris terdaftar dan dengan syarat yang lengkap. Dengan begitu proses pendaftaran pun akan lebih cepat diproses.

  • Pengesahan Perusahaan

Cara daftar PT AHU online terakhir ialah melakukan pengesahan nama perusahaan. Berbeda dengan langkah pemesanan nama perusahaan yang bisa dilakukan oleh pengusaha atau notaris, untuk pengesahan nama perusahaan hanya bisa dilakukan oleh notaris.

Tentunya proses pengesahan perusahaan juga akan dilakukan secara online. Nama pada pengesahan perusahaan, notaris membutuhkan beberapa dokumen pendukung yang disertai dengan biaya pengesahan.

Sama seperti pemesanan nama perusahaan, pembayaran biaya pengesahan juga bisa dilakukan dengan pembelian voucher atau menggunakan layanan autodebet dari rekening yang sudah terintegrasi dengan layanan dari Ditjen AHU.

Cara daftar PT AHU online pada dasarnya bisa dilakukan dengan sangat mudah dan cepat, asalkan Anda sudah memenuhi kriteria dan dokumen yang dibutuhkan. Untuk lebih mudah lagi, akan lebih baik jika Anda menggunakan layanan dari Ditjen AHU dengan bantuan jasa notaris.